tugas algoritma 2

1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?

2. Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!

7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

9. Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!

10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.


jawaban: 

1. Algoritma merupakan langkah-langkah (prosedur) yang harus dilakukan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Algorithm Design adalah metode khusus untuk menciptakan proses matematis dalam proses pemecahan masalah.

2. Cara deskripsi, yaitu penulisan algoritma menggunakan bahasa deskripsi. Cara ini terdiri dari tiga bagian yaitu judul, deklarasi, dan deskripsi. Bagan alir atau flowchart merupakan penulisan algoritma berdasarkan notasi grafis dalam bentuk bagan urutan.

3.       Bukalah RoboMind

·      Dari menu file, klik perintah Open Map

·      Pilih map sesuai pikiran di Open Area

·      Karena kita akan memakai term dan huruf-huruf banyak, kita dapat membuat perintah untuk menulis huruf pada Procedure agar juga dapat dipakai berulang-ulang

·      Tulislah kode berikut,

a)     (Forward (3), dibawahnya PaintWhite, dibawahnya Forward (8), dibawahnnya Right) dan untuk menempatkan robot pada posisi awal untuk menulis huruf I.

b)    (#Huruf I, dibawahnya PaintWhite, dibawahnya Forward (2)) dan untuk memerintah robot untuk mulai menulis huruf I.

c)     (Right, dibawahnya Forward (2) dibawahnya Left, dibawahnya Backward (2)) untuk menempatkan robot pada posisi awal untuk menulis huruf A.

d)    (#Huruf A, dibawahnya (A)) untuk memerintahkan robot untuk mulai menulis huruf A dengan prosedur A.

·      Tulislah kode-kode program untuk huruf-huruf yang lain

·      Jika sudah selesai, baiknya jalankan program tersebut

·      Jika program sudah berfungsi dengan baik, simpanlah file tersebut

4. Tipe data adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh sebuah dataVariabel atau peubah adalah obyek yang nilainya dapat berubah-ubah dalam sebuah program.

5. 

6. Boolean, nomor, dan string.

7. a) Tipe Data Numerik/Angka Adalah data yang terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika. 

b) Tipe Data Alpha Numerik/Teks Adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A – Z, a – z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 – 9) yang tidak akan diproses secara matematika. 

8. a)     START

b)    MOVE ‘Posisi Awal’

c)     WRITE ‘S’

d)    MOVE ‘Posisi Awal’

e)    WRITE ‘A’

f)      MOVE ‘Posisi Awal’

g)     WRITE ‘S’

h)    MOVE ‘Posisi Awal’

i)      WRITE ‘H’

j)      MOVE ‘Posisi Awal’

k)     WRITE ‘A’

9. Tipe data Boolean adalah tipe data yang hanya memiliki 2 nilai yaitu TRUE (benar) dan FALSE (salah). Tipe data boolean sering digunakan sebagai operator dalam membuat alur logika program. Di dalam Javascript suatu tipe data dapat berubah sifatnya menjadi tipe data lain, tergantung kapan digunakan.

10. RoboMind adalah sebuah aplikasi pemrograman sederhana untuk tujuan pendidikan. Aplikasi ini memiliki berbagai aturan pemrogramannya sendiri untuk melatih para pemula dalam mempelajari dasar-dasar logika pemrograman. Aplikasi ini menunjukkan simulasi robot yang dapat digerakkan dengan perintah-perintah yang tersedia. Selain untuk memperkenal teknik-teknik pemrograman, aplikasi ini juga bertujuan untuk mengenalkan robotika dan intelegensi artifisial.

Komentar